Belajar OOP PHP: Pemrograman Berbasis Objek PHP

allblogspotku - kita akan membahas salah satu aspek terpenting dalam PHP, yakni tentang Pemrograman Berbasis Objek (Object Oriented Programming), atau sering disingkat dengan OOP PHP.


Apa itu Pemrograman Berbasis Objek?

Object Oriented Programming atau dalam bahasa indonesia diartikan Pemrograman Berbasis Objek, adalah salah satu cara membuat program (programming paradigm) dengan memecah alur program menjadi modul-modul sederhana yang disebut dengan objek. Setiap objek akan memiliki fungsi dan tugas tersendiri. OOP berbeda dengan prosedural programming yang memecah program menjadi fungsi-fungsi/prosedural.

Pemrograman Berbasis Objek dengan PHP
Saat ini, Object Oriented Programming (OOP) telah menjadi standar dalam dunia pemograman, termasuk PHP. Walaupun kita bisa membuat program PHP tanpa menggunakan OOP sama sekali, namun untuk membuat aplikasi ‘real world’ yang fleksibel, programmer PHP akan beralih menggunakan OOP.

Jika anda telah menguasai pemrograman PHP dasar seperti tipe data, array, dan fungsi, mempelajari pemrograman objek PHP adalah langkah berikutnya. Fitur dan desain kode yang ditawarkan dengan membuat program menggunakan objek akan sangat memudahkan kita dalam merancang aplikasi website modern dan memiliki fleksibilitas yang tinggi.

Terlebih jika anda memang ‘serius’ menguasai PHP, memahami pengertian dan cara penggunaan OOP dalam PHP sangat penting. Aplikasi framework PHP seperti Code Igniter, Yii Framework, Symfony dan Laravel, semuanya menggunakan OOP.

Duniailkom akan mencoba menyajikan tutorial dasar tentang Object Oriented Programming atau Pemrograman Berbasis Objek PHP. Semoga tutorial ini dapat menjadi bahan referensi untuk mempelajari pemrograman Objek, khususnya pemrograman Objek dengan PHP.


Semoga Bermanfaat :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Script PHP Deret Fibonacci, Bilangan Ganji, Genap dan Prima

Cara Penulisan Fungsi dalam PHP

Sourcecode E-commerce / Toko Online Gratis